Menggunakan Alat Deteksi Ovulasi Yang Hasilnya 2 Garis Samar

alat deteksi subur

Saat ini banyak sekali beredar alat-alat untuk mendeteksi ovulasi yang bisa digunakan untuk memudahkan Bunda dalam merencanakan kehamilan. Dengan menggunakan alat test ovulasi ini, Bunda bisa lebih mudah untuk mengetahui kapan masa subur dan masa tidak subur. Sehingga waktu melakukan hubungan intim, bisa lebih direncanakan dan disesuaikan.

Alat tes ovulasi bekerja dengan mendeteksi perubahan luteinizing hormone atau LH di dalam urin. Ketika produksi hormon LH sedang meningkat. Alat deteksi ovulasi ini akan menunjukkan hasil yang positif, itu artinya masa ovulasi Bunda akan segera tiba, atau saat itu Bunda sedang berada dalam masa subur. Apabila Bunda sedang merencanakan kehamilan, maka Bunda bisa melakukan hubungan intim pada waktu tersebut sehingga peluang kehamilan akan lebih besar. 

Apabila hasil tes Bunda hasilnya samar, itu artinya kemungkinan bahwa ovulasi Bunda tidak akan terjadi dalam waktu terdekat, atau dengan kata lain Bunda sedang tidak dalam puncak masa subur. 

Tetapi hasil samar Bunda juga bisa dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti: cara tes yang tidak pas, alat tes yang sudah lama atau kadaluwarsa, tingkat sensitivitas alat tes yang digunakan terlalu minim, dan sebagainya. 

Alat tes ovulasi yang lainnya yaitu Bunda bisa membandingkan lagi hasil tes masa subur dengan beberapa metode sebagai berikut: 

  1. Metode kalender yaitu dengan mengacu pada siklus menstruasi normal dan teratur, sehingga masa subur bisa diperkirakan akan terjadi pada 14 hari sebelum perkiraan tanggal menstruasi bulan berikutnya. 
  2. Metode pengukuran suhu basal tubuh, pada waktu masa subur, suhu basal tubuh Bunda akan lebih sedikit meningkat dari pada hari – hari lainnya 
  3. Metode pemantauan lendir serviks, yaitu ketika Bunda sedang dalam masa subur, biasanya lendir serviks akan keluar lebih banyak dari pada biasanya dengan konsistensi yang lebih elastis, bening menyerupai putih telur

Dengan begitu, Bunda bisa lebih tau dan lebih akurat kapan Bunda bisa memperkirakan masa subur, sehingga Bunda pun dapat merencanakan kehamilan dengan baik dan benar sesuai dengan penjelasan di atas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.