Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Tenor Panjang Ketika Mengajukan Kredit Mobil

Sebelum Anda memilih tenor panjang, ketika mengajukan simulasi cicilan kredit mobil ada baiknya jika Anda membaca ulasan berikut ini. Penting bagi Anda, sebagai masukan, apakah akan menggunakan tenor panjang atau tidak.

  1. Cicilannya terbilang ringan

Bisa dibilang ini adalah keunggulan ketika Anda menggunakan kredit mobil dengan tenor panjang. Semakin panjang atau semakin lama tenor yang dipilih, sudah pasti, cicilan yang harus dibayar jadi lebih ringan. Sedangkan ketika Anda mengambil tenor pendek, sudah pasti cicilan yang harus dibayar lebih besar, karena jangka waktu pembayarannya juga lebih pendek.

  1. Jumlah bunga yang dibayar

Untuk masalah yang satu ini dapat dikatakan keuntungan, namun sekaligus kerugian tersendiri untuk Anda. Dilihat dari sisi jumlah bunga kredit mobil per tahun yang harus Anda bayar memang terbilang kecil. Namun karena jangka waktu pembayaran yang harus Anda lakukan terbilang lama, maka total akumulasi bunga yang harus dibayar terbilang cukup besar.

  1. Nilai jual sebenarnya sudah lunas sebelum tenor selesai

Bisa dibilang ini juga adalah salah satu kerugian ketika menggunakan perhitungan kredit mobil dengan tenor yang lama. Dimana harga jual mobil akan jatuh atau terdepresiasi pada saat waktu cicilan selesai dilakukan. Atau dengan kata lain, ketika Anda selesai membayar seluruh cicilan mobil, harga mobil yang Anda beli sudah turun.

  1. Proses over kredit jadi lebih sulit    

Satu hal yang penting Anda pertimbangkan ketika akan mengajukan kredit mobil adalah apakah Anda sanggup untuk melunasi beban kredit mobil tersebut atau tidak. Tahukah Anda bahwa ketidak mampuan untuk melunasi kredit mobil ini, tentunya jadi salah satu hal yang cukup ditakuti banyak orang.

Anda memang dapat melakukan over kredit, tapi yang jadi masalah adalah semakin panjang tenor kredit, maka akan semakin sulit orang mau mengambil alih tenor tersebut. Ada cukup banyak pertimbangan kenapa orang tidak ingin mengambil alih kredit / over kredit mobil dengan tenor panjang, mulai dari usia mobil, kondisi mobil, dan yang lainnya.

Jadi hal-hal demikian yang perlu Anda pertimbangkan, ketika akan mengajukan kredit mobil dengan tenor panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.