Pentingnya Asuransi dalam Cicilan Kredit Mobil Anda

cicilan kredit mobil

Mobil menjadi salah satu moda transportasi yang dapat memberi kenyaman tersendiri bagi sebuah keluarga. Betapa tidak, dengan adanya sebuah mobil, beberapa anggota keluarga dapat sekaligus dibawa. Selain itu bisa menjadi momen berkumpulnya keluarga selama perjalanan menuju suatu tempat. Barang yang dibawa pun dapat lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum. Meningkatnya pembelian mobil semakin meningkat dicarinya cicilan kredit mobil.

Membeli Mobil secara Kredit

Tidak dipungkiri,  kondisi keuangan keluarga yang harus dapat menutupi beragam kebutuhan terkadang menjadi kendala dalam memiliki sebuah mobil. Namun kini tak perlu risau tentang hal ini, banyak pilihan untuk membeli mobil secara kredit.  Cicilan kredit mobil pun dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga Anda. 

Membeli mobil secara mencicil pada dasarnya membantu Anda dalam memiliki sebuah mobil tanpa menunggu lama sampai Anda memiliki uang tunai yang setara dengan harga jual mobil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cicilan kredit mobil Anda, diantaranya 

  1. Carilah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, apakah Anda memerlukan city car, mobil dengan ukuran body mobil relatif kecil dan daya tampung tempat duduknya pun untuk kecil atau memerlukan Anda family car yang lebih besar secara ukuran body mobil dan daya tampung dibandingkan city car.
  2. Bandingkan beberapa dealer dan lembaga jasa keuangan yang menyediakan cicilan kredit mobil karena masing-masing pihak memiliki suku bunga kredit mobil dan promosi yang berbeda-beda. 
  3. Perhatikan jumlah dan komponen yang harus Anda bayar selama membayar cicilan kredit mobil dalam jangka waktu tertentu. Dan apakah asuransi juga tercakup didalamnya?

Jenis Asuransi Mobil 

Ada 2 jenis asuransi kredit mobil.  Asuransi All Risk dan Total Loss Only. Jenis asuransi kredit mobil yang pertama melindungi mobil Anda dari kerusakan minor (lecet, perubahan fisik mobil akibat tabrakan). Dan jenis asuransi kredit mobil yang kedua akan mengganti kerugian kerusakan diatas 75 %, yaitu jika mobil Anda menderita kerusakan parah atau hilang.  Kerusakan minor tidak berlaku di jenis asuransi yang kedua.

Pentingnya Asuransi Kredit Mobil 

Mengapa asuransi menjadi hal penting yang Anda harus perhatikan? Pada dasarnya asuransi akan melindungi Anda sebagai kreditur. Selama masa pembayaran cicilan kredit mobil banyak hal yang tidak terduga yang mungkin saja terjadi. Badan mobil tergores, tertabrak, banjir, bahkan mobil hilang.  

Dapat Anda bayangkan bila hal diatas terjadi dalam masa tenor. Di satu sisi Anda harus masih mencicil kredit mobil, tetapi di sisi lainnya Anda harus mengeluarkan biaya tidak terduga atas kemungkinan dari hal- hal di atas. Pengeluaran Anda akan berlipat- lipat. Dan secara psikologis, dalam masa tenor, Anda mungkin saja menjadi tidak merasa tenang dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.