Apa Saja Fungsi Kalkulator Kredit?

hasil dari prosedur pengajuan kredit ke bank

Kalkulator merupakan alat hitung cepat yang biasanya digunakan untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan hal menyangkut perhitungan lainnya. Banyak orang menggunakan kalkulator untuk mempermudah diri dalam menghitung. Kalkulator menjadikan proses hitung lebih cepat dan akurat daripada harus menghitung dalam bayangan atau menerka – nerka. Namun bukan berarti prosedur pengajuan kredit ke bank juga pakai kalkulator manual semacam itu lho.

Kalkulator banyak digunakan oleh pedagang di pasar, di toko – toko dan sejenisnya. Bahkan supermarket pun sebenarnya menggunakan kalkulator yang telah di program untuk menghitung jumlah harga barang dan kembalian. Namun, apakah jenis kalkulator hanya itu saja?

Ternyata tidak. Selain kalkulator untuk menghitung perhitungan matematika yang digunakan dalam bisnis maupun tugas berhitung di masa kuliah, kalkulator juga dirancang untuk menghitung kredit atau melakukan simulasi kredit. Kalkulator tersebut bernama kalkulator kredit yang kini menjadi layanan di beberapa lembaga atau perusahaan yang memberikan pinjaman.

Banyak orang telah menggunakan kredit saat ini untuk melakukan pinjaman. Pinjaman tersebut dapat digunakan untuk pinjaman mobil, pinjaman moda usaha ataupun pinjaman rumah. Pinjaman ini dapat dilakukan jika ada perjanjian atau kesepakatan terkait waktu pembayaran dan jumlah yang harus dikembalikan.

Pihak pemberi pinjaman dan peminjam harus sama – sama memahami isi perjanjian dalam pinjaman, terutama pihak peminjam. Peminjam juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum meminjam seperti menyesuaikan penghasilan dengan angsuran yang harus dibayarkan sesuai waktu yang disepakati, memperhatikan kemampuan diri dalam menghasilkan uang serta mencari alternatif yang bisa diandalkan saat tidak mampu mengembalikan pinjaman.

Ada baiknya pula, sebelum meminjam pihak peminjam telah memahami tentang kredit secara utuh seperti misalnya yang paling umum adalah prosedur pengajuan kredit ke bank. Pahami model peminjamannya, metodenya, suku bunga yang kira – kira akan didapatkan, dan hal – hal lainnya menyangkut kredit. Disinilah fungsi kalkulator kredit dalam membantu peminjam memahami segala hal tentang kredit. 

Dengan kalkulator untuk simulasi kredit ini, pihak peminjam dapat mengetahui kisaran angsuran yang harus dibayarkan. Karena kalkulator ini memungkinkan peminjam mengetahui daftar angsuran yang harus dibayar dalam bentuk tabel hanya dengan memasukkan data – data seperti model peminjaman, metode anuitas atau flat, jumlah pinjaman yang ingin diajukan, serta waktu peminjaman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.