Genteng Metal Pasir vs Genteng Spandek, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi Genteng Metal Pasir

Sesuai namanya, genteng pasir dilapisi oleh pasir yang dilem pada permukaan genteng. Lapisan pasir ini berfungsi untuk mempertebal dan memberikan tekstur pada atap sehingga lebih kuat. Berbeda dengan genteng polos atau yang disebut genteng spandek yang tidak dilapisi pasir. Nah, apakah genteng metal pasir lebih baik daripada genteng spandek?

Ketahanan yang Berbeda

Jika dibandingkan dengan genteng spandek, genteng metal pasir lebih sering dipakai di atap-atap rumah karena dilapisi oleh baja inti yang membuatnya tahan lama bahkan ketika tidak diberikan perawatan. Akan tetapi, meski memiliki ketahanan yang bagus, genteng ini lebih tidak tahan terhadap tekanan karena cenderung lebih tipis daripada genteng spandek.

Ketahanan Warna

Warna pada genteng metal berpasir cenderung lebih mudah mengelupas dibanding genteng spandek karena cat warna hanya ada di permukaan lapisan pasir saja. Inilah kenapa pada genteng metal pasir biasanya tidak memiliki garansi terhadap ketahanan warna pada produknya.

Ketahanan Terhadap Bocor

Model genteng metal spandek lebih rentan terhadap kebocoran apabila tidak sengaja berkontak langsung dengan benda keras. Oleh karena itu, kamu harus mengganti satu set atap spandek apabila terdapat kebocoran karena atap jenis ini tidak bisa diperbaiki secara permanen. 

Meredam Suara

Bila dilihat dari struktur bahannya, jenis genteng metal pasir lebih mampu meredam suara bising daripada spandek karena memiliki lapisan pasir. Akan tetapi, hal ini tidak terlalu efektif bekerja karena pasir yang direkatkan dengan lem sangat tipis sehingga lebih mudah mengelupas. Selain itu, lapisan baja inti yang tipis membuat suara bising itu semakin tidak teredam. Nah, untuk mengatasinya masalah kebisingan, kamu perlu melakukan penambahan plafon.

Bahan Anti Karat

Kedua jenis genteng metal ini dilapisi bahan anti karat, hanya saja genteng metal pasir memiliki ketahanan terhadap korosi lebih lama dibanding genteng spandek karena mengandung unsur seng dan aluminium. Selain itu juga, genteng yang dilapisi pasir ini biasanya terdapat garansi tahan karat.

Tahan Panas

Berbeda dengan genteng spandek yang dapat menghantarkan panas dengan baik, genteng metal pasir mampu memberikan perlindungan untuk kamu dari sambaran petir ataupun kebakaran di sekitar rumah. Hal ini karena genteng metal yang dilapisi pasir bersifat isolator (tidak menghantarkan panas).

Jadi Lebih Baik Mana, Spandek atau Metal Pasir?

Hal ini tergantung pada yang mana yang lebih cocok dengan kebutuhan kamu. Ada orang yang memang ingin memiliki rumah dengan udara yang tidak gersang. Ini jelas harus kamu pilih jenis genteng metal pasir karena memberikan perlindungan terhadap panas matahari. Nah, ada juga yang atap rumahnya memiliki ketahanan yang lebih tinggi supaya tidak. Maka atap jenis spandek bisa dijadikan opsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.