4 Fakta Asuransi Online yang Belum Banyak Diketahui

ilustrasi asuransi online

Bagi sebagian orang, asuransi online lebih menarik daripada asuransi konvensional karena menawarkan kemudahan dalam setiap prosesnya. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Namun, asuransi berbasis online bisa mendatangkan kerugian jika Anda gegabah dalam memilih produknya. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang akan Anda pilih, sebaiknya kenali beberapa fakta berikut ini. 

Calon Nasabah Harus Proaktif

Alasan seseorang membeli asuransi adalah untuk memproteksi diri dan keluarga jika terjadi hal tidak diinginkan di kemudian hari. Sebab itulah, dibutuhkan sikap proaktif dari calon nasabah sebelum menentukan pilihannya. Gali informasi sebanyak mungkin terkait produk asuransi digital yang akan Anda beli, mulai dari premi, pertanggungan, manfaat, dan lain sebagainya. 

Jika ada poin-poin yang tidak Anda pahami, gak ada salahnya bertanya kepada agen asuransi online. Semakin detail informasi yang Anda kumpulkan, maka tidak akan ada poin-poin samar yang akan menjadi ganjalan ketika pengajuan klaim asuransi.

Persyaratan yang Dibutuhkan Lebih Sederhana

Percaya atau tidak, asuransi online memiliki persyaratan yang lebih sederhana. Umumnya, calon nasabah diminta untuk melakukan tes kesehatan saat membeli asuransi secara offline. Sedangkan dengan sistem berbasis online, Anda tak diharuskan melakukan tes kesehatan. 

Walaupun syarat ini ditiadakan, calon nasabah tetap harus mengisi data secara lengkap dan jujur. Jika calon nasabah terbukti memalsukan data, maka pihak asuransi akan menolak klaim yang Anda ajukan. 

Premi Asuransi Online Murah

Jika dibandingkan dengan asuransi konvensional, premi asuransi berbasis online sedikit lebih murah karena manfaat yang ditawarkan pun tidak sebesar produk konvensional. Premi yang ditawarkan pun lumayan bervariatif, mulai dari puluhan ribu rupiah per bulan. Meski begitu, produk asuransi ini tetap layak dijadikan pilihan untuk meningkatkan proteksi.

Tersedia Call Center untuk Membantu Calon Nasabah

Meskipun prosesnya dilakukan secara online, bukan berarti calon nasabah tidak bisa mendapatkan bantuan dari pihak asuransi. Selain melalui informasi yang tertera di website resminya, ada call center dan chat box bisa Anda manfaatkan.

Itulah 4 fakta asuransi online yang perlu Anda tahu sebelum membeli produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.