14 Kopi Terbaik Indonesia & Traditional Espresso Machine Bersatu dalam “segelas KOPI”

gambar biji kopi yang sedang di sangrai

Keberadaan Indonesia dengan 12 jenis kopi terbaiknya, rasanya hal itu bisa menjadikan Indonesia surga bagi pecinta dan penikmat kopi di dunia.  Sebuah kondisi yang bisa diwujudkan selama semua pihak yang cinta dan peduli terhadap perkembangan  kopi nusantara bersatu dengan visi dan misi sama membangun “kerajaan Kopi dunia di Indonesia”. 

Ada dua hal  paling mendasar ketika  kita Indonesia hadir sebagai layaknya Venesia baru di Asia. Pertama sudah pasti meningkatkan produksi kopi terbaik yang ada di seluruh wilayah Indonesia.  Untuk tujuan tersebut memang baiknya swasta bekerjasama dengan Pemerintah. Kedua mensosialisasikan  penggunaan  traditional espresso machine. Dengan semakin hafalnya penggunaan alat tersebut semakin akan mudah merasakan nikmatnya 14  kopi terbaik Indonesia. 

14 Jenis Kopi di Indonesia Wujud Kayanya Indonesia dengan Sumber Daya Alamnya 

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa  Indonesia adalah salah satu surga dunia dalam perkebunan kopi di dunia. Terlebih dengan adanya beragam jenis kopi  yang bisa dijadikan potensi bisnis kuliner yang ada di Indonesia. Tercatat ada 14 jenis kopi terbaik yang ada di Indonesia.  Keberagaman jenis dan  karakter kopi yang ada di Indonesia tersebut  jelas tidak akan ada  yang bisa menandinginya. Itulah potensi yang sebenarnya bisa menjadi satu peluang bisnis kuliner yang baik bagi Indonesia. 

Tercatat ada 4 jenis kopi favorite yang ada di Indonesia seperti Arabica, Robusta, Ekselsa, Liberika. Serta 10 kopi terbaik yang tersebar ada di hampir seluruh wilayah Indonesia dari mulai kopi Gayo , Kintamani, Flores Bajawa, Temanggung,  Toraja, Rangsang Meranti, Kopi Wamena, Kopi Java Ijen Raung hingga Kopi Luwak.  Kesemua itu akan menjadi surganya kopi dunia jika diracik dan diolah menggunakan Traditional Espresso Machine, sehingga Indonesia menjadi surganya variasi kopi. 

Mungkin kalian bertanya, dari mana sajakah beberapa jenis kopi yang terkenal di dunia itu ada di Indonesia. Seperti misalnya untuk kopi Ekselsa banyak dijumpai di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.  Sementara beberapa jenis kopi lainnya adalah  untuk jenis Kopi Gayo berasal dari  Provinsi Aceh, sedangkan untuk Arabica Gayo berasal dari Provinsi Sumatera. Berbeda dengan kopi Kintamani yang dari namanya saja kita sudah tahu pasti asalnya dari Provinsi Bali. 

Jenis kopi lainnya adalah kopi Bajawa  yang berasal dari Flores tepatnya di tanam di  Kabupaten Ngada, Flores NTT. Untuk jenis kopi  yang menjadi favoritnya bangsa Eropa hingga Amerika Latin jelas berasa dari Temanggung Jawa Tengah.  Sama halnya dengan kopi Toraja yang banyak diminati oleh bangsa Jepang dan Amerika berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan.  Dan satu lagi kopi  yang memiliki taste cukup menarik yaitu seperti rasa coklat adalah kopi Wamena dari  Provinsi Papua. 

Itulah beberapa jenis kopi  yang berasal dari bumi nusantara Indonesia, sebuah potensi bisnis perkebunan yang tidak saja bagus untuk dijadikan alternatif pilihan investasi di bidang perkebunan, tetap juga bisa menjadi salah satu potensi bisnis kuliner  yang menarik untuk di kembangkan di  Indonesia.  Adanya variasi dan aneka ragam jenis kopi akan semakin memperkaya khasanah produk minuman kopi yang ada di Indonesia. 

14 Jenis Kopi &  Hasil Olahan Espresso  Maker  Bersatu di Bumi Indonesia 

Memang  menjadikan sebuah racikan kopi terbaik seperti yang disajikan oleh kafe-kafe yang ada di Venesia selain di butuhkan kopi-kopi terbaik. Juga dibutuhkan alat pendukung seperti Traditional Espresso Machine,  karena dengan cara seperti itulah baru akan tercipta sebuah cita rasa kopi nusantara yang memiliki aroma bervariasi khas Nusantara. Inilah yang akan membuat  Indonesia makin dikenal dunia layaknya Italia dengan lifestyle coffee-nya. 

Dengan adanya dukungan dari dunia industri terhadap penyediaan alat/produk racikan kopi yang semakin mudah digunakan, secara otomatis orang akan lebih suka menggunakan produk tersebut untuk menikmati secangkir kopi asli  di rumah. Jika kondisi seperti itu terjadi, maka tidak ada alasan jika pada akhirnya  Indonesia wujud menjadi sebuah negara dengan 100 cita rasa kopi nusantaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.